Dengan hormat,
Bersama ini kami sampaikan bahwa
akan diselenggarakan Bimbingan
Teknis Nasional dalam rangka Peningkatan dan
Pengembangan SDM Aparatur Pemerintah Daerah, dengan tujuan memahami konsepsi dasar hukum pertanahan di Indonesia dan pengaturannya,
memahami seluk-beluk pengaturan hak-hak atas tanah dan permasalahannya, batas
daerah dan batas wilayah desa serta mampu mengidentifikasi potensi sengketa di
bidang pertanahan, tata batas daerah dan batas wilayah desa serta alternatif
penyelesaiannya dengan Keberadaan UU No. 2/2012 Tentang Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum. Disisi lain dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem pengelolaan alokasi dana desa, penatausahaan dan pertanggungjawaban
keuangan desa,
serta sistem pengelolaan keuangan
daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi/Kab./Kota agar Pemda dapat lebih
efektif, efisien, transparan, akuntabel, proporsional, terintegrasi dan
berkesinambungan, sehingga perlu dilakukan langkah yang lebih proaktif dan
intensif dengan terbitnya berbagai kebijakan peraturan perundang-undangan terkait.
Berkenaan dengan hal tersebut, kami
LEMBAGA
PENGEMBANGAN KEUANGAN DAN PEMERINTAHAN DAERAH (LPKPD) yang merupakan lembaga dibawah Pembinaan dan
Pengawasan Ditjen Kesbangpol Kemdagri SKT
No. 01-00-00/0036/D.III.4/II/2012 dengan didukung Narasumber yang ahli dibidangnya telah menyiapkan paket kegiatan Bimtek Nasional sebagai berikut :
1.
|
Sistem dan Mekanisme Pelaksanaan Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan
Untuk Kepentingan Umum Berdasarkan UU No. 2/2012, Permasalahan Pertanahan, Sengketa
Tanah, Solusi dan Penyelesaiannya
|
Tanggal
|
: 24 – 25
Mei 2012
: 07 – 08
Juni 2012
: 21 – 22
Juni 2012
: 12 – 13
Juli 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
I
II
III
IV
|
Tanggal
|
: 26 – 27
Juli 2012
: 09 – 10
Agustus 2012
: 30 – 31
Agustus 2012
: 13 – 14
September 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
V
VI
VII
VIII
|
2.
|
Kebijakan
dan Tata Cara Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD), Penatausahaan dan
Pertanggungjawaban Keuangan Desa Berdasarkan Permendagri No. 37/2007 Tentang
Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa
|
Tanggal
|
: 24 – 25
Mei 2012
: 12 – 13
Juni 2012
: 26 – 27
Juni 2012
: 10 – 11
Juli 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
I
II
III
IV
|
Tanggal
|
: 24 – 25
Juli 2012
: 02 – 03
Agustus 2012
: 30 – 31
Agustus 2012
: 06 – 07
September 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
V
VI
VII
VIII
|
3.
|
Teknis dan Kebijakan Penanganan Konflik Sengketa
Tata Batas Daerah dan Batas Wilayah Desa dengan Keberadaan UU No. 2/2012
Tentang Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum
|
Tanggal
|
: 22 – 23
Mei 2012
: 05 – 06
Juni 2012
: 19 – 20
Juni 2012
: 03 – 04
Juli 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
I
II
III
IV
|
Tanggal
|
: 17 – 18
Juli 2012
: 07 – 08
Agustus 2012
: 28 – 29
Agustus 2012
: 04 – 05
September 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
V
VI
VII
VIII
|
4.
|
Sistem dan Prosedur Pelaksanaan
Anggaran, Penatausahaan,
Akuntansi, Pelaporan,
dan Pertanggungjawaban
Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran SKPD dan PPKD Berdasarkan Permendagri No. 55/2008 dan Permendagri
No. 21/2011
|
Tanggal
|
: 15 – 16
Mei 2012
: 29 – 30
Mei 2012
: 14 – 15
Juni 2012
: 28 – 29
Juni 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
III
IV
V
VI
|
Tanggal
|
: 12 – 13
Juli 2012
: 26 – 27
Juli 2012
: 09 – 10
Agustus 2012
: 11 – 12
September 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
VII
VIII
IX
X
|
Tempat
|
: Hotel
LOSARI ROXY Jl. Hasyim Ashari No. 41, Jakarta Pusat
|
Biaya
|
: Rp.
3.800.000,- ( Tiga Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah ) Per Peserta
|
Mengingat pentingnya bimtek tersebut diatas, mohon
berkenan dan partisipasi Bapak/Ibu atau
menugaskan pejabat/pegawai yang berkompeten di lingkungan Instansi Bapak/Ibu untuk diikutsertakan dalam acara
yang akan kami selenggarakan. Pendaftaran
peserta dapat menghubungi Panitia di Telepon / Fax
: 021-75872135,
7566695, Hp. 0813-10081468, 0821-25807081, 0817-9869823 dan
0821-24954141 E-mail : lpkpdjakarta@gmail.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar