Dengan hormat,
Bersama ini kami sampaikan bahwa akan diselenggarakan Bimbingan
Teknis Nasional dalam rangka Peningkatan dan Pengembangan SDM Aparatur Pemerintah
Daerah, dengan tujuan meningkatkan
efisiensi
dan efektifitas dalam Penyusunan
LAKIP, Pembentukan Peraturan Per-UU-an dan
Produk Hukum Daerah, serta Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota. Dengan terbitnya
berbagai kebijakan
peraturan perundang-undangan terkait dimaksudkan agar pemerintah
daerah dapat mewujudkan sistem Penyusunan LAKIP, Pembentukan Peraturan Per-UU-an dan Produk Hukum
Daerah, serta Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah yang lebih efektif, efisien, transparan, akuntabel,
proporsional, terintegrasi dan berkesinambungan, sehingga perlu dilakukan
langkah-langkah yang lebih proaktif dan intensif.
Berkenaan dengan hal tersebut, kami Lembaga Pengembangan
Keuangan dan Pemerintahan Daerah (LPKPD) yang merupakan lembaga dibawah
Pembinaan dan Pengawasan Ditjen
Kesbangpol Kemdagri SKT No. 176/D.III.3/VII/2009 dengan didukung Narasumber yang ahli dibidangnya telah
menyiapkan paket kegiatan Bimtek Nasional sebagai berikut :
1.
|
Proses
Pembentukan Peraturan Daerah dan Program Legislasi Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Vide Permendagri Nomor 53 Tahun 2011
Bagi Badan Legislatif dan Eksekutif
|
Tanggal
|
: 12 – 13 Januari 2012
: 26 – 27 Januari 2012
: 09 – 10 Pebruari 2012
: 23 – 24 Pebruari 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
I
II
III
IV
|
: 08 – 09 Maret 2012
: 20 – 21 Maret 2012
: 03 – 04 April 2012
: 17 – 18 April 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
V
VI
VII
VIII
|
2.
|
Pedoman
Penyusunan LAKIP sesuai PP No. 8/2006 dan Permenpan No. 29/2010 serta Tugas
dan Tanggungjawab Aparat Terkait dengan Pengelolaan Keuangan Daerah
(Bendahara dan PPK, KPA dan PPK)
|
Tanggal
|
: 17 – 18 Januari 2012
: 31 Jan’ – 01 Peb’ 2012
: 14 – 15 Pebruari 2012
: 28 – 29 Pebruari 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
I
II
III
IV
|
: 13 – 14 Maret 2012
: 27 – 28 Maret 2012
: 12 – 13 April 2012
: 26 – 27 April 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
V
VI
VII
VIII
|
3.
|
Sistem dan Prosedur Pelaksanaan Anggaran, Penatausahaan, Akuntansi,
Pelaporan, dan Pertanggungjawaban
Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran SKPD, PPKD dalam
Pengelolaan Keuangan Daerah Berdasarkan
Permendagri No. 55/2008
dan Permendagri
No. 21/2011 serta Permendagri No. 59/2007
|
Tanggal
|
: 10 – 11 Januari 2012
: 24 – 25 Januari 2012
: 07 – 08 Pebruari 2012
: 21 – 22 Pebruari 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
I
II
III
IV
|
: 06 – 07 Maret 2012
: 20 – 21 Maret 2012
: 03 – 04 April 2012
: 19 – 20 April 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
V
VI
VII
VIII
|
4.
|
Tata
Cara Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dan Laporan Keuangan PEMDA, Penyusunan
NERACA, Laporan Arus Kas dan CALK Berdasarkan Permendagri No. 21/2011 dan
Permendagri No. 55/2008 Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan
|
Tanggal
|
: 19 – 20 Januari 2012
: 02 – 03 Pebruari 2012
: 16 – 17 Pebruari 2012
: 01 – 02 Maret 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
I
II
III
IV
|
: 15 – 16 Maret 2012
: 29 – 30 Maret 2012
: 10 – 11 April 2012
: 24 – 25 April 2012
|
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
|
V
VI
VII
VIII
|
Tempat
|
: Hotel Jayakarta Jl. Hayam Wuruk No. 126, Jakarta
|
Biaya
|
: Rp. 3.800.000,- ( Tiga Juta Delapan Ratus
Ribu Rupiah ) Per Peserta
|
Mengingat pentingnya Pelatihan tersebut diatas, mohon
berkenan dan partisipasi Bapak/Ibu atau menugaskan pejabat/pegawai yang berkompeten
di lingkungan Instansi Bapak/Ibu untuk diikutsertakan dalam acara yang akan
kami selenggarakan.
Pendaftaran peserta dapat menghubungi Panitia di Telepon
/ Fax : 021-75872135, 7566695, Hp. 0813-10081468, 0821-25807081, 0817-9869823 dan 0821-24954141 E-mail : lpkpdjakarta@gmail.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar