Minggu, 29 Januari 2012

Proses Pembentukan Peraturan Daerah dan Program Legislasi Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Vide Permendagri Nomor 53 Tahun 2011 Bagi Badan Legislatif dan Eksekutif

Dengan hormat,

Bersama ini kami sampaikan bahwa akan diselenggarakan Bimbingan Teknis Nasional dalam rangka Peningkatan dan Pengembangan SDM Aparatur Pemerintah Daerah, dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam Penyusunan LAKIP, Pembentukan Peraturan Per-UU-an dan Produk Hukum Daerah, serta Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota. Dengan terbitnya berbagai kebijakan peraturan perundang-undangan terkait dimaksudkan agar pemerintah daerah dapat mewujudkan sistem Penyusunan LAKIP, Pembentukan Peraturan Per-UU-an dan Produk Hukum Daerah, serta Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah yang lebih efektif, efisien, transparan, akuntabel, proporsional, terintegrasi dan berkesinambungan, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah yang lebih proaktif dan intensif.

Berkenaan dengan hal tersebut, kami Lembaga Pengembangan Keuangan dan Pemerintahan Daerah (LPKPD) yang merupakan lembaga dibawah Pembinaan dan Pengawasan Ditjen Kesbangpol Kemdagri SKT No. 176/D.III.3/VII/2009 dengan didukung Narasumber yang ahli dibidangnya telah menyiapkan paket kegiatan Bimtek Nasional sebagai berikut :

1.
Proses Pembentukan Peraturan Daerah dan Program Legislasi Daerah Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 Vide Permendagri Nomor 53 Tahun 2011  Bagi Badan Legislatif dan Eksekutif

    Tanggal
:  12 – 13 Januari 2012
:  26 – 27 Januari 2012
:  09 – 10 Pebruari 2012
:  23 – 24 Pebruari 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
I
II
III
IV
:  08 – 09 Maret 2012
:  20 – 21 Maret 2012
:  03 – 04 April 2012
:  17 – 18 April 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
V
VI
VII
VIII

2.
Pedoman Penyusunan LAKIP sesuai PP No. 8/2006 dan Permenpan No. 29/2010 serta Tugas dan Tanggungjawab Aparat Terkait dengan Pengelolaan Keuangan Daerah (Bendahara dan PPK, KPA dan PPK)


    Tanggal
:  17 – 18 Januari 2012
:  31 Jan’ – 01 Peb’ 2012
:  14 – 15 Pebruari 2012
:  28 – 29 Pebruari 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
I
II
III
IV
:  13 – 14 Maret 2012
:  27 – 28 Maret 2012
:  12 – 13 April 2012
:  26 – 27 April 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
V
VI
VII
VIII

3.
Sistem dan Prosedur Pelaksanaan Anggaran, Penatausahaan, Akuntansi, Pelaporan, dan Pertanggungjawaban Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran SKPD, PPKD dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Berdasarkan Permendagri No. 55/2008 dan Permendagri No. 21/2011 serta Permendagri No. 59/2007


    Tanggal
:  10 – 11 Januari 2012
:  24 – 25 Januari 2012
:  07 – 08 Pebruari 2012
:  21 – 22 Pebruari 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
I
II
III
IV
:  06 – 07 Maret 2012
:  20 – 21 Maret 2012
:  03 – 04 April 2012
:  19 – 20 April 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
V
VI
VII
VIII

4.
Tata Cara Penyusunan Laporan Keuangan SKPD dan Laporan Keuangan PEMDA, Penyusunan NERACA, Laporan Arus Kas dan CALK Berdasarkan Permendagri No. 21/2011 dan Permendagri No. 55/2008 Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan


    Tanggal
:  19 – 20 Januari 2012
:  02 – 03 Pebruari 2012
:  16 – 17 Pebruari 2012
:  01 – 02 Maret 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
I
II
III
IV
:  15 – 16 Maret 2012
:  29 – 30 Maret 2012
:  10 – 11 April 2012
:  24 – 25 April 2012
Akt.
Akt.
Akt.
Akt.
V
VI
VII
VIII

 Tempat         
:  Hotel Jayakarta Jl. Hayam Wuruk No. 126, Jakarta

 Biaya
:  Rp. 3.800.000,- ( Tiga Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah ) Per Peserta

Mengingat pentingnya Pelatihan tersebut diatas, mohon berkenan dan partisipasi Bapak/Ibu atau menugaskan pejabat/pegawai yang berkompeten di lingkungan Instansi Bapak/Ibu untuk diikutsertakan dalam acara yang akan kami selenggarakan. Pendaftaran peserta dapat menghubungi Panitia di Telepon / Fax : 021-75872135, 7566695, Hp. 0813-10081468, 0821-25807081, 0817-9869823 dan 0821-24954141 E-mail : lpkpdjakarta@gmail.com.

Demikian untuk maklum, atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar